Pegawai Swasta Atau PNS ????

Sebulan yang lalu saudara saya baru saja diterima disebuah perusahaan web (tentunya perusahaan Swasta), padahal waktu itu dia belum diwisuda dari kampusnya. Tapi bukan itu yang menarik bagi saya, point yang menarik adalah gaji yang dia terima yang membuat saya terkejut,  dia mendapatkan gaji 3,5 juta perbulan. dan kali ini saya harus bilang WAWWWWW (tapi ga pake koprol, takut jatuh) gaji "sebesar" itu (besar itu relatif, tapi bagi saya itu adalah jumlah yang besar).

Kenapa saya terkejut dengan gaji saudara saya itu, padahal mungkin bagi orang lain itu adalah jumlah yang wajar, atau bahkan bagi sebagian lagi itu jumlah yang kecil. Tapi tetep buat saya itu adalah jumlah yang besar, Kenapa??? Mau Tau??? Kasih Tau nggak ya?????

Begini, dia terima kerja bahkan sebelum dia terima ijazah S1-nya, karena setau saya, dia baru diwisuda setelah dua minggu dia bekerja di perusahaan tersebut. jadi  mungkin dia diterima dengan dasar ijazah SMA. Nah, yang membuat saya terkejut adalah saya membandingkan keadaan saya dengan dia.

Saya di terima kerja di sebuah instansi pemerintah (Jadi PNS) dua tahun yang lalu, setelah melewati beberapa test. seingat saya waktu itu yang daftar sekitar 16 ribuan orang, kemudian diseleksi administrasi, kayak kelengkapan, IP (seingat saya harus diatas 3), sehingga didapatkanlah sekitar 2 ribuan orang yang berhak maju ke senayan (test tulis di istora).

Setelah hasil test diketahui didapatkanlah sekitar 1000-an(saya lupa jumlahnya) orang yang berhak maju ke babak berikutnya, yaitu babak psikotes. di babak ini para pelamar kembali berguguran dan menyisakan sekitar 700-an orang. Ternyata perjuangan belum berakhir, masih ada satu babak lagi, babak final yaitu test wawancara, sehingga didapatkanlah 179 orang terpilih yang berhak masuk ke insansi tersebut.

Bulan pertama, saya belum mendapatkan gaji....
Bulan kedua, saya belum mendapatkan gaji juga......
Bulan ketiga, belum juga....

Terettttttttttttttttttttttttttttttttttt...........................
menjelang akhir bulan keempat saya mendapat kabar berita bahwa rekening saya sudah bertambah 6 juta rupiah....  saya senang sekali.... saya sangat bersyukur.....

Sampe sini mungkin sebagian sudah mengerti mengapa saya terkejut mendengar gaji saudara saya yang baru masuk udah sebesar 3,5 jt... ato ada yang belum ngerti????? oke dech saya jelasin sedikit.

Saudara saya yang baru masuk kerja, yang bahkan ijazah-pun belum dia dapatkan, yang saya dengar dia diterima kerja "hanya" dengan satu kali wawancara, bisa mendapatkan gaji sebesar itu..... dan bahkan dia bilang, dia mendapatkan gaji erkecil di perusahaannya tersebut... sedangkan saya yang sama-sama jurusan komputer, yang harus melewati berbagai macam rintangan untuk masuk menjadi PNS mendapat gaji 1,5 juta perbulan ketika pertama saya masuk....... itulah alasan saya bilang WAWWWWWWW........

Sebenarnya bukan saudara saya saja yang  membuat saya bilang wawww... tapi dosen saya, sewaktu saya kuliah pun pernah mengatakan bahwa ada temannya yang bekerja di bidang IT mendapatkan gaji 70 juta, tapi waktu itu saya baru mendengar katanya, tapi untuk saudara saya ini, saya melihat sendiri Kontrak kerjanya.

Saya bukan tidak bersyukur dengan gaji yang saya dapatkan sekarang, bahkan saya sangat bersyukur, bersyukur karena saya mendapatkan gaji, bersyukur karena saya bisa bersaing dengan lulusan-lulusan dan universitas besar  dan terkemuka di Indonesia bahkan banyak lulusan luar negeri, bersyukur karena ada teman-teman saya yang sama  masuk instansi ini bahkan sudah memiliki penghasilan diatas 10 juta perbulan, memiliki berbagai macam usaha, tapi tetap berusaha untuk menjadi PNS, dan bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan kepada saya..

Saya  tau, setiap sesuatu itu ada kelebihan dan kekurangannya, sekarang tergantung kamu menentukan pilihan, mau jadi PNS atau jadi Pegawai Swasta, Atau mau Jadi Wirausahawan ???? yang penting bekerjalah dengan sebaik-baiknya, karena masing-masing kita mempunyai peran masing-masing dan peran itu saling melengkapi